Judul Slide Foto 01 Judul Slide Foto 02 Judul Slide Foto 03 Judul Slide Foto 4 Judul Foto Slide Foto 05 Judul Slide Foto  06
« ... Selamat Datang di situs berbasis aneka informasi Sulawesi Utara. Silahkan hubungi kami di info@sulutpromo.com untuk informasi selengkapnya ... »

Asyiknya City Tour di Manado

Sparta Tikala dengan latar belakang Kantor Wali Kota Manado. (foto yhb)
Sparta Tikala dengan latar belakang Kantor Wali Kota Manado. (foto yhb)

MESKI memiliki wilayah tak begitu luas, namun Manado mengoleksi banyak objek wisata yang menarik dikunjungi. Karenanya, bagi mereka yang berada di Manado dan belum punya kesempatan untuk jalan-jalan di luar ibukota provinsi Sulut ini, paket city tour Manado menjadi pilihan menarik. Lokasi wisata yang dikunjungi pun tak terlalu berjauhan, sehingga berpeluang mendatangi banyak objek dalam rentang waktu sehari.

Memang untuk agenda city tour Manado hanya sebatas di wilayah daratan pulau Sulawesi saja. Karena bila hendak ke beberapa wilayah kepulauan, seperti Pulau Bunaken, Manado Tua, dan Siladen (ketiga pulau ini masuk wilayah Manado), maka butuh waktu dan persiapan khusus. Meski city tour dengan memasukkan agenda ke Pulau Bunaken, tetap bisa dilakukan, apalagi bila hanya sekadar menikmati keindahan pesisir pulau yang sudah mendunia ini.

Sementara di wilayah daratan pulau Sulawesi, setidaknya ada lebih dari 50 objek wisata yang bisa dijumpai di Kota Manado.  Objek wisata itu, ada yang berupa wisata alami, buatan, sejarah dan purbakala gedung bersejarah, lokasi seni dan budaya, taman dan ornamen kota, sampai lokasi wisata belanja dan kuliner khas Manado.

Pulau Bunaken dan Manado Tua dari Gunung Tumpa.
Pulau Bunaken dan Manado Tua dari Gunung Tumpa.

Untuk lokasi wisata alam, antara lain bisa mengunjungi gunung Tumpa sebagai areal hutan kota yang bisa menyaksikan Manado dari ketinggian dan pulau-pulau di sekitar seperti Bunaken, Manado Tua, dan Siladen, lalu mengunjungi air terjun Kima Atas, atau pantai Malalayang yang selain bisa bersantai juga dijadikan area wisata kuliner

Sementara untuk objek wisata buatan bisa mengunjungi Museum Negeri Sulut di Lawangirung, Museum Perjuangan TNI AD di jalan Bethesda,  atau  Museum Purbakala di Dendengan Dalam. Atau ke terater terbuka Taman Kesatuan Bangsa, juga Taman Budaya Sulut, dan gedung Pingkan Matindas.

Gereja Sentrum yang berdekatan dengan Tugu Peringatan Perang Dunia II
Klenteng Ban Hing Kiong
Klenteng Ban Hing Kiong

Selanjutnya, ada beberapa objek dan bangunan bersejarah yang bisa didatangi, seperti Gereja Sentrum yang berdekatan dengan monumen perang dunia II, tugu Dotulolong Lasut, klenteng Ban Hing Kiong, Minahasa Raad, dan kompleks bangunan tua di sekitar Pasar 45 dan Pelabuhan Manado.

Selain itu, bisa juga melihat goa Jepang yang bisa dijumpai di beberapa kelurahan, salah satunya di Lorong Bukit Tikala, atau velbox yang terdapat di sejumlah tempat, yang salah satunya di Wanea. Serta sejumlah batu bersejarah, seperti batu Sumanti di Tikala Ares dan batu Kuangang di Malalayang Satu, atau beberapa sumur atau pancuran yang melegenda di Manado, seperti Parigi Putri di Dendengan Dalam dan Parigi Tujuh di Kombos Timur.

Gerbang Bobocah

Selama perjalanan menyusuri kota Manado, bisa dijumpai beberapa taman dan ornamen kota yang menarik pula sebagai lokasi berfoto-ria. Misalnya, Sparta Tikala, patung Toar Lumimuut, patung Dotulolong Lasut, patung Maria Walanda Maramis, patung Sam Ratulangi, patung W.R Mongisidi dan Pierre Tendean, patung Batalyon Worang, Zero Point, dan gerbang Bobocah.

Juga yang mesti dikunjungi adalah Monumen Yesus Memberkati di kawasan Citraland Winangun. Patung ini bertinggi 31 meter, yang disebut-sebut sebagai patung Yesus terbesar di Asia dan kedua terbesar di dunia setelah patung Yesus di Rio de Jeneiro, Brasil.

Monumen Yesus Memberkati
Wisata kuliner Wakeke

Sementara untuk tempat makan, cukup banyak lokasi yang tersedia, baik makanan nasional, makanan khusus Minahasa, dan chinese food. Di Manado juga punya beberapa lokasi kuliner khas, seperti sarapan tinutuan di Wakeke, naskun di Kampung Kodo dan Komo, atau bersantai sore di objek kuliner Malalayang, serta ngopi di jalan Roda.

Tempat makan siang ini bisa dipilih dari lokasi objek wisata terdekat yang terakhir dikunjungi, atau ke kawasan boulevard yang terdapat rumah makan. Atau bisa pula masuk di pusat perbelanjaan yang memang punya banyak tempat makan. Pilihan lain, makan siang di kawasan Kalasey yang berada di perbatasan kota Manado dan Minahasa.

Mantos.
Mantos.

Sementara ketika sore, bisa melakukan tur belanja di beberapa pusat perbelanjaan, seperti Bahu Mall, Manado Town Square (Mantos), Manado Trade Center (MTC), MegaMall, IT Center, dan kompleks Marina termasuk M-Walk. Atau bisa juga di beberapa supermarket, seperti Freshmart, Gelael, Golden, MultiMart, Jumbo, bahkan ke lokasi shopping center President di Pasar 45.

Selain itu, untuk lokasi ole-ole dan souvenir, bisa ke kawasan Tikala dengan Manado Souvenir, Tikala Art & Souvenir, UD Kawanua, Aneka Rasa, atau D’Souvenir di jalan Sudirman, serta beberapa lokasi souvenir di jalan Samrat sampai di Merciful Building di kompleks Wanea Plaza. Selain itu, di beberapa lokasi perbelanjaan juga dijual beberapa ole-ole makanan khas, terutama yang relatif lengkap, seperti di MultiMart dan Gelael. (ak)

Beberapa lokasi souvenir di Manado.
comments powered by Disqus

ADMIN LOGIN