Judul Slide Foto 01 Judul Slide Foto 02 Judul Slide Foto 03 Judul Slide Foto 4 Judul Foto Slide Foto 05 Judul Slide Foto  06
« ... Selamat Datang di situs berbasis aneka informasi Sulawesi Utara. Silahkan hubungi kami di info@sulutpromo.com untuk informasi selengkapnya ... »

38 Negara Nikmati Produk Perikanan Sulut

Beberapa produk perikanan Sulut..
Beberapa produk perikanan Sulut..

MANADO—SulutPromo. Komoditi perikanan Sulut menjadi primadona berbagai negara di dunia. Bahkan sampai saat ini sudah 38 negara yang menjadi tujuan ekspor perikanan Sulut. Sementara nilai ekspor Sulut dari komoditi perikanan pun terus bertambah setiap tahun.

Data ekspor produk perikanan Sulut tahun 2011, menunjukkan bahwa volume ekspor yang dikirim ke berbagai negara mencapai 26,66 ribu ton dengan menghasilkan nilai ekspor sebanyak 101,78 juta dolar AS. Jumlah nilai ekspor ini meningkat dibandingkan tahun 2010, baru mencapai 73,47 juta dolar AS. Dan khusus tahun 2012 ini, nilai ekspor perikanan Sulut mengalami peningkatan yang besar, khususnya untuk komoditi ikan kayu, ikan kaleng, dan ikan beku.

Sementara untuk negara tujuan ekspor produk perikanan, penikmat ikan asal Sulut terbanyak berada di daratan Eropa. Tercatat ada 18 negara di Eropa yang menjadi tujuan ekspor produk ikan Sulut, yaitu Jerman, Inggris, Belanda,dan  Belgia, Perancis, Denmark, Albania, Italia, Kroasia, Polandia, Slovenia, Spanyol, Swiss, Austria, Yunani, Rep Ceko, Finlandia, dan Lithuania.

Kemudian di Asia, ada 16 negara, yaitu Jepang, Arab Saudi, Yaman, Korea, Cina, Filipina, Thailand, Malaysia, Taiwan, Singapura, Laos, Uni Emirat Arab, Pakistan, Yordania, Kuwait, dan Syiria, serta satu Negara di Afrika yaitu Mesir. Selain itu, nilai ekspor perikanan yang besar juga diperoleh dari Amerika Serikat, disamping Kanada dan Australia.

Dari ke-38 negara yang menjadi penikmat ikan asal Sulut, nilai ekspor terbesar diperoleh dari Jepang, kemudian disusul Jerman dan Amerika Serikat. Selain itu, yang masuk dalam daftar 10 besar negara penikmat asal ikan, adalah Arab Saudi, Yaman, Inggris, Mesir, Belgia, Belanda, dan Korea.

Untuk komoditi ekspor, terutama adalah ikan kaleng, yang mendominasi lebih 50 persen dari total nilai ekspor produk perikanan Sulut. Dan sisanya, berasal dari komoditi ikan kayu, ikan segar, dan ikan beku. (lum)

comments powered by Disqus

ADMIN LOGIN